Saturday, October 9, 2010

Tugas 2 Pengantar Bisnis 1

1)         Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi?
            a) Akumulasi modal (tanah, peralatan fiskal, dan sumber daya manusia),
            b) penduduk,
            c) tingkat kemajuan teknologi.
2)         Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial? Jelaskan!
Yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial yaitu perusahaan bertujuan mencari keuntungan dengan cara menjual atau menawarkan barang atau jasa yang menjadi sumber modal, sedangkan lembaga social bertujuan untuk melayani suatu masyarakat sesuai dengan keahliannya di mana sumber modal tersebut bersumber dari sumbangan, hibah, atau bantuan dari pemerintah dan masyarakat sekitarnya.
3)         Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan? Jelaskan!
Letak perusahaan yaitu tempat di mana sebuah perusahaan besar menjalankan usahanya sehari-hari seperti mengatur, mengawasi, dan membimbing beberapa perusahaan bawahannya, sedangkan tempat perusahaan ialah tempat di mana sebuah perusahaan menjalankan kegiatannya seperti memproduksi, mendistribusi, dan menjual berbagai barang maupun jasanya. Faktor-faktornya yang mempengaruhi ialah dekat dengan bahan baku, dekat dengan pasar, dekat dengan pemasok tenaga kerja, dekat dengan penyedia sumber tenaga / energi, iklim, ongkos transportasi, dan besarnya suplai modal.
4)         Tunjukkan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha?    Jelaskan dengan contoh!
Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha, sedangkan lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang berpengaruh secara tidak langsung.
Lingkungan Eksternal Mikro

a) Pelanggan (customers), sebuah perusahaan menjual atau menawarkan barang atau jasanya kepada para pelanggan dalam mendapatkan modal untuk menjalankan usahanya. Jadi, dalam mencapai keberhasilan usahanya suatu perusahaan hatus mengamati berbagai perubahan kebutuhan para pelanggannya.

b) Pesaing (Competitors), sebuah atau beberapa perusahaan di dalam industri yang sama yang menjual atau menawarkan barang atau jasanya kepada para pelanggan.

c) Pemasok (suppliers), suatu perusahaan yang menawarkan bahan baku, tenaga kerja, keuangan dan sumber informasi kepada perusahaan lain.

d) Perwakilan-perwakilan Pemerintah, dalam menjalankan usahanya sebuah perusahaan harus menaati tata aturan yang berlaku dalam suatu Negara dengan tujuan menciptakan ketertiban dan keteraturan di dalam Negara tersebut. Peraturan-peraturan industri yang ditetapkan oleh perwakilan pemerintah ini harus ditaati oleh organisasi dalam operasinya, prosedur perijinan, dan pembatasan-pembatasan lainnya untuk melindungi masyarakat.

e) Lembaga Keuangan, suatu perusahaan bergantung kepada kepada berbagai macam lembaga keuangan, seperti bank-bank komersial, bank-bank instansi, dan perusahaan - perusahaan asuransi termasuk pasar modal.

Lingkungan Eksternal Makro

a)  Ekonomi, suatu keadaan ekonomi pada suatu negara sangat mempengaruhi hampir semua organisasi yang menjalankan usaha di dalamnya. Dalam keadaan perekonomian yang sedang tumbuh, daya beli masyarakat untuk membeli suatu barang atau jasa akan meningkat.

b) Teknologi, sebuah pengetahuan, peralatan, atau teknik yang digunakan untuk mengubah bentuk masukan (input) menjadi keluaran (output).

c)  Politik Hukum, ialah undang-undang, peraturan, atau keputusan pemerintah yang mengatur kegiatan usaha. Komponen politik/hukum ini dalam suatu periode waktu tertentu akan menentukan operasi perusahaan.

d)  Sosial Budaya, komponen sosial budaya ini mengarah kepada karakteristik demografi serta perilaku, sikap, dan norma-norma umum dari penduduk dalam suatu masyarakat tertentu.

No comments:

Post a Comment