Tuesday, January 3, 2012

[Tulisan] Memberdayakan Koperasi, Mensejahterakan Rakyat

‘Koperasi Kuat Rakyat Sejahtera’ demikian tema peringatan Hari Koperasi ke 64 tahun 2011. Melalui tekad dan semaangat yang terkandung didalamnya, diharapkan koperasi dapat menjadi penggerak ekonomi rakyat dan juga soko guru perekonomian nasional, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Demikian sambutan Menteri Negara Koperasi dan UKM RI yang dibacakan oleh Wakil Walikota Batam, Rudi, SE  pada upacara Peringatan Hari Koperasi ke 64 tingkat kota Batam Selasa (12/7) dilapangan Engku Putri Batam Centre.
“Pada kesempatan ini kami mengajak semua instansi Pemerintah, BUMN, Badan Usaha milik swasta dan lembaga terkait di daerah untuk bersinergi dalam memberdayakan koperasi Indonesia,” kata Rudi.
Perkembangan kinerja koperasi di seluruh Indonesia selama ini cukup menggembirakan. Sampai dengan Juni 2011 sebanyak 186.907 koperasi, dengan anggota 30.472.000 orang, volume usaha sebesar Rp.97,276 triliun, serta modal sendiri Rp. 30,102 trilyun. Jika dibandingkan dengan keragaan tahun 2010, untuk jumlah koperasi terdapat kenaikan sebesar 5,31%, jumlah anggota naik 0,04%, jumlah modal sendiri dan volumeudaha menunjukan pula kenaikan masing-masing sebesar 17,12% dan 26,63%, demikian disebutkan Rudi.
Melalui peringatan hari koperasi ke-64 ini diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat dan tekad bagi kita semua khususnya bagi penggiat koperasi seluruh Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya sehingga menjadi kekuatan ekonomi rakyat yang mandiri, kreatif dan inovatif untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.
Pada acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-64, Selasa (12/7) di Istora Senayan Jakarta, Kota Batam juga mendapat 2 (dua) Penghargaan dari Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM yang diberikan kepada Bapak Ahmad Dahlan selaku Walikota Batam atas bakti, kontribusi dan kebijakan yang telah dilaksanakan yang dipandang pro ekonomi kerakyatan ini.
Selain itu Koperasi Karyawan Shimano Batam yang terletak kawasan Insudtri Batamindo  Kecamatan Sungai Beduk juga berhasil terpilih sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional dan Koperasi Penerima Award Tahun 2011.
Usai mengikuti upacara, Rudi menyerahkan piagam penghargaan kepada Koperasi Berprestasi, Koperasi Unit Ekonomi Desa-Simpan Pinjam (UED-SP) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Patuh serta Pasar Peduli Kebersihan.
Penghargaan bagi Koperasi berprestasi masing masing diberikan kepada Kopkar Shimano Batam, Kopkar PT. Sekupang Makmur Abadi dan Kopkar Nurul Islam. Penghargaan UED-SP dan UKM Patuh diberikan kepada Koperasi Singguling Batam, Mitra Permai, Sunarman, Megawati, Sofia Neti dan Dian Yulinawati. Kemudian, penghargaan bagi pasar peduli kebersihan diberikan kepada Pengelola Pasar Penuin, Pasar Botania Garden dan Pasar Avava Fresh.
Pada kesempatan tersebut, Rudi juga menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kerajinan bambu yang diserahkan kepada perwakilan UKM pengerajin bambu dari kelurahan Pemping Kecamatan Belakangpadang.
Pembukaan Gerakan Koperasi dan UMKM Expo
Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-64 tingkat Kota Batam, Dekopinda menggelar pameran bertajuk Gerakan Koperasi dan UMKM Expo. Bertempat di Atrium Kepri Mall, Batam Centre, Expo di buka langsung oleh Wakil Walikota Batam, Rudi, SE.
Pameran yang diramaikan oleh 24 stand tersebut akan menampilkan produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh UKM dan Koperasi dari berbagai Instansi di Kota Batam. Pameran ini akan digelar selama 2 hari, dan juga akan di ramaikan oleh pemilihan Putri Koperasi. Demikian disampaikan ketua panitia kegiatan, Setyasih Priherlina.
Rudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Koperasi merupakan penggerak perekonomian rakyat yangsangat tangguh. “Hal ini dikarenakan koperasi memiliki sumber dana yang juja tangguh, yaitu dari seluruh anggotanya. Untuk menjalankannya yang terpenting adalah mentalitas pengurus yang harus jujur dan sehat,” jelasnya.
Rudi juga mengajak kepada Pengurus Dekopinda Kota Batam yang baru saja dilantik, agar turut membantu memberdayakan masyarakat yang ada di wilayah Hinterland melalui koperasi. Karena koperasi sebagai lembaga perekonomian wilayah hinterland diharapkan dapat mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Batam
Sumber : http://humasbatam.com

No comments:

Post a Comment